5 Aplikasi Pembelajaran E - Learning Terbaik

Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19 semakin melonjak jumlah yang positif, Presiden Jokowi mengimbau masyarakat agar kegiatan seperti belajar, bekerja dan beribadah baiknya dilakukan di rumah. Meski sudah memberikan pernyataan untuk tidak keluar dari rumah, Jokowi berpesan agar masyarakat tidak panik dan tetap produktif meski bekerja dari rumah. Pembatasan yang diberlakukan oleh lembaga pemerintah telah berdampak kepada rutinitas harian bagi jutaan orang, termasuk siswa di Indonesia.



Belajar Dari Rumah Ilustrasi


Beberapa sekolah dan universitas di daerah tertentu yang terkena dampak telah menangguhkan belajar tatap muka dalam waktu tertentu demi mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di beberapa wilayah. Lalu, bagaimana nasib pembelajaran siswa selama sekolah diliburkan? Dengan teknologi internet dan perangkat pintar, kegiatan belajar mengajar kini dapat dilakukan pula di rumah.

1. Ruangguru

membuka Sekolah Online Ruangguru Gratis melalui aplikasi Ruangguru, sebagai bentuk dan upaya Ruangguru dalam menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa-siswi di Indonesia di tengah darurat kesehatan penyakit COVID-19. Melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa, di aplikasi Ruangguru.







Sekolah online tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru dari Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum.

2. Zoom cloud meetings





Video Communications adalah flatform yang fokus pada pengembangan teknologi video conference. Seperti Google Hangout, zoom juga dapat digunakan untuk pembelajaran online terutama bagi pengajar yang lebih suka tatap muka secara online dengan siswa nya.
Dengan zoom, kita dapat melakukan segalanya secara online mulai dari meeting, webminar, conference room, telephone, file sharing hingga belajar online.
Namun, seperti Meet, zoom juga lebih difokuskan kearah bisnis, bukan untuk pembelajaran online.

Kelebihan :

  1. Stabilitas baik
  2. Cocok untuk yang suka video conference
  3. Sering digunakan banyak perusahaan besar
  4. Fitur penunjang video conference yang lengkap



3. Sosial Media (Facebook, Instagram dan Youtube)




Dan yang terakhir yaitu media sosial. Ya pasti semua orang saat ini memiliki setidaknya satu akun media sosial, entah itu facebook, instagram atau youtube.Jika anda tidak ingin ribet dan ambil pusting, anda juga bisa memanfaatkanya sebagai media pembelajaran online. Dengan facebook anda dapat melakukan livestreaming, membuat forum grup diskusi hingga membagikan file.

4. Google Classroom

adalah sebuah layanan dalam produk G Suite Education, yang dapat diakses melalui web maupun diunduh melalui aplikasi seluler.Karena merupakan bagian dari G Suite, Google Classroom akan terikat dengan dukungan Google Drive, Kelender, Jamboard, Form, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, dan juga Gmail. Artinya, semua layanan tersebut akan terhubung dalam proses pembelajaran di Classroom.









Google menyebut bahwa Classroom akan membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif. Platform ini dirancang bersama dengan para pengajar agar dapat membantu mereka dalam menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur dan meningkatkan komunikasi dengan siswa

5. Quipper

Sebagai upaya untuk mendukung himbauan dari pemerintah, perusahaan edutech Quipper menggratiskan Quipper School, platform learning management system (LMS) yang menawarkan cara belajar inovatif dan mudah digunakan baik untuk para guru maupun siswa. Dengan menggunakan Quipper School, guru dapat mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa. Siswa pun dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas secara online melalui perangkat digital.






Melalui kemudahan penggunaan aplikasi yang dapat diakses melalui website utama Quipper, diharapkan layanan Quipper School yang tersedia secara gratis dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi dampak dari wabah COVID-19 di sektor pendidikan.

Admin Blog Admin FREE SOFTWARE adalah seorang yang penggemar Teknologi dan hobby admin bermain komputer :)

Belum ada Komentar untuk "5 Aplikasi Pembelajaran E - Learning Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel